Senin, 04 Juli 2011

Cara Mempercepat Kerja Mozilla Firefox

Tips Cara Mempercepat Kerja Mozilla Firefox ini memang sudah lama usia nya alias uzur, akan tetapi masih ada saja yang belum mengetahuinya. Berikut penjelasannya secara rincinya.

Firefox sekarang telah melebihi Internet Explorer di setiap bidang selama bertahun-tahun, dan versi 3 adalah versi yang lebih cepat dari sebelumnya yaa walaupun sekarang sudah hadir versi paling mutakhirnya yakni versi 5 tapi percayalah bagi anda yg mempunyai PC atau notebook kurang mumpuni dijamin bakal lelet menggunakan versi 5 ini karena beraaaaaat meeeen -___-

Cara maksimalkan kinerja Mozilla Firefox ini adalah dengan pengaturan tweaking yang tepat maka dapat membuatnya lebih cepat lagi, kecepatannya bahkan lebih dari dua kali lipat dalam beberapa situasi, hanya membutuhkan pengaturan selama 5 menit saja dan tanpa biaya apapun. Inilah yang perlu Anda lakukan.

1. Aktifkan pipelining

Browser biasanya mempunyai aturan yang sangat sopan, mengirimkan permintaan ke server kemudian menunggu respon sebelum melanjutkan. Pipelining adalah sebuah teknik lebih agresif yang membuat mereka mengirimkan beberapa permintaan tanpa harus menunggu respon dari server satu persatu, dan seringkali mengurangi waktu saat men-download halaman. Untuk mengaktifkannya, ketik about:config di address bar, klik dua kali network.http.pipelining dan network.http.proxy.pipelining ubah value nya menjadi True, kemudian klik dua kali network.http.pipelining.maxrequests dan set menjadi 8.

Perlu diingat bahwa beberapa server tidak mendukung pipelining, dan jika Anda seringkali masuk pada bagian settingan ini, ada kemungkinan mengurangi kinerja firefox. Set network.http.pipelining dan network.http.proxy.pipelining menjadi False lagi jika Anda memiliki masalah.

2. Render cepat

Halaman web yang besar dan rumit bisa memakan waktu cukup lama untuk men-download. Firefox tidak ingin membuat Anda menunggu, jadi secara default akan menampilkan apa yang diterima setiap 0,12 detik (dalam hal lain yaitu "content notify interval"). Ketika hal ini membantu browser serasa lebih cepat, membaca ulang web page seringkali memperlambat waktu loading, sehingga "content notify interval" yang lebih lama akan meningkatkan kinerjanya.

Ketik about:config dan tekan Enter, kemudian klik kanan (pengguna Apple menggunakan ctrl-klik) lalu dimana saja pada halaman itu pilih New>Integer. Ketikcontent.notify.interval sebagai namanya, klik OK, masukkan 500.000 dan klik OK lagi.

Klik kanan lagi pada halaman tersebut dan pilih New>Boolean. Kali buat sebuah value dan beri nama content.notify.ontimer dan set menjadi True.

3. Loading lebih cepat

Jika Anda belum memindahkan mouse atau menyentuh keyboard selama 0,75 detik (content switch threshold) maka Firefox memasuki tahap low frequency interrupt mode, yang artinya interface menjadi kurang responsif tetapi loading halaman lebih cepat. Mengurangi waktu content switch threshold dapat meningkatkan kinerja, dan hanya membutuhkan waktu beberapa saat saja.

Ketik about:config dan tekan [Enter], klik kanan pada halaman dan pilih New> Integer. Ketik content.switch.threshold, klik OK, masukkan 250,000 dan klik OK.

4. No Interruptions

Anda dapat mengambil langkah lebih jauh lebih dalam lagi dengan memberitahu Firefox untuk mengabaikan user interface events sampai satu halaman web telah didownload penuh. Tapi hal ini hanya akan bertahan selama beberapa waktu saja, tetapi cobalah dan lihat bagaimana pengaruhnya.

Ketik about:config, tekan [Enter], klik kanan pada halaman dan pilih New>Boolean. Ketik content.interrupt.parsing, klik OK atur value menjadi False dan klik OK.

5. Blok Flash

Animasi flash yang mengganggu ada mana-mana, muncul secara tiba-tiba pada saat Anda membuka suatu web dan memperlambat browsing. Untungnya ada solusi yang sangat mudah. Instal ekstensi Flashblock (flashblock.mozdev.org) untuk memblokir semua aplikasi Flash, sehingga akan menampilkan halaman web jauh lebih cepat. Dan jika Anda ingin menampilkan aplikasi flash tertentu, cukup klik placeholder pada Flashblock untuk mendownload dan melihat aplikasi flash seperti biasa.

6. Meningkatkan ukuran cache

Saat Anda menelusuri web Firefox secara otomatis akan menyimpan gambar dan skrip dalam memori cache, dan dapat dengan cepat diambil lagi jika Anda mengunjungi kembali halaman web yang sama. Jika Anda memiliki kapasitas RAM yang besar (2 GB lebih), biarkan Firefox berjalan sepanjang waktu dan secara teratur kembali ke halaman web yang pernah dikunjungi maka Anda bisa mempercepat kinerja firefox dengan meningkatkan ukuran cache ini. Ketik about:config dan tekan [Enter], kemudian klik kanan di mana pada halaman itu dan pilih New>Integer. Ketikbrowser.cache.memory.capacity, klik OK, masukkan 65536 dan klik OK, kemudian restart browser Anda untuk mendapatkan cache yang baru yang lebih besar.

7. Aktifkan TraceMonkey

TraceMonkey adalah fitur Firefox baru yang mengubah javascript lambat menjadi sebuah kode x86 yang super-cepat, sehingga memungkinkan beberapa fungsi berjalan sampai 20 kali lebih cepat dibandingkan versi saat ini. Tapi ini masih suatu bugsehingga tidak tersedia pada tempat download Firefox biasa, tapi jika Anda bersedia mengambil risiko crash ada cara mudah untuk mencobanya.

Instal nightly build terbaru (ftp://ftp.mozilla.org/pub/firefox/nightly/latest-trunk/), buka aplikasinya, ketik about:config di address bar dan tekan Enter. Ketik JIT pada filter box, lalu klik dua kali javascript.options.jit.chrome danjavascript.options.jit.content, ubah value keduanya menjadi True. Maka anda sedang menjalankan mesin javascript Firefox tercepat yang pernah ada.

8. Kompres data

Jika Anda mempunya koneksi internet lambat maka anda mungkin merasa firefox tidak pernah bekerja secara sempurna, tetapi itu tidak selalu benar. Install toonel.net (toonel.net) aplikasi Java sangat pintar dan akan me re-route lalu lintas web anda melalui servernya, mengompres pada saat yang bersamaan, sehingga sedikit banyak mempercepat download. Dan bahkan dapat mengompres file JPEG dengan mengurangi kualitas gambar. Hal ini semua membantu memotong waktu data-transfer anda, sangat berguna jika anda menggunakan jasa internet yang dibatasi perbulannya, dan dapat meningkatkan sebaik mungkin kinerja browsing.


8 tips diatas adalah perincian untuk tweaking browser, dibawah ini adalah cara yang praktis dan mudah, cukup dengan meng-copy script dibawah ini
netsh about:config cd C:\Program Files\Mozilla Firefox
network.http.pipelining = true Boolean value
network.http.pipelining.maxrequests = 8 integer
network.http.proxy.pipelining = true Boolean value
network.dns.disableIPv6 = true Boolean value
content.interrupt.parsing = true Boolean value
content.max.tokenizing.time = 2250000 integer
content.notify.interval = 750000 integer
content.notify.ontimer = true Boolean value
content.notify.backoffcount = 5 integer
content.switch.threshold = 750000 integer
nglayout.initialpaint.delay = 0 integer

Paste di notepad, lalu beri nama file apa saja tetapi diahiri dengan .BAT, dan save. Untuk mengaktifkannya, tutup terlebih dahulu firefox, lalu klik dua kali pada file notepad yang tadi anda buat, file tersebut berubah menjadi file batch. Jika menginstal firefox selain di drive C:, anda tinggal mengganti alamat drive nya saja pada netsh about:config cd C:\Program Files\Mozilla Firefox.


Oke, selamat mencoba tips Cara Mempercepat Kerja Mozilla Firefox dari saya :D

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar